ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KRULIK DAN RUDNICK DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA

Authors

  • Anwar Ardani
  • Dewi Yulianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan teori Krulik dan Rudnick ditinjau dari kreativitas siswa tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kreativitas tinggi mengalami kesulitan pada langkah keempat dan kelima, yaitu find an answer (mencari jawaban) serta reflect and extend (refleksi dan mengembangkan), siswa yang memiliki kreativitas sedang mengalami kesulitan pada langkah kesatu, keempat, dan kelima, yaitu read and think (membaca dan berpikir), find an answer (mencari jawaban), serta reflect and extend (refleksi dan mengembangkan). Siswa yang memiliki kreativitas rendah mengalami kesulitan pada seluruh langkah, yaitu read and think (membaca dan berpikir), explore and plan (ekplorasi dan merencanakan), select a strategy (memilih strategi), find an answer (mencari jawaban), serta reflect and extend (refleksi dan mengembangkan).

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori Krulik dan Rudnick, Kreativitas

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Ardani, A. ., & Yulianti, D. . (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KRULIK DAN RUDNICK DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 582–606. Retrieved from https://x.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1235