PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS X

Authors

  • Siti Rahayuningsih Universitas Peradaban
  • Sofri Rizka Amalia Universitas Peradaban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa E-LKPD berbasis etnomatematika sebagai penguatan pendidikan karakter peserta didik kelas X yang valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (pelaksanaan) dan evaluation (penilaian). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner/angker, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi konstruk, angket validasi isi, dan angket respons peserta didik (kepraktisan). Teknik analisis data yang digunakan secara kuantitatif dan kualitatif yang diukur dengan skala likert. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis etnomatematika sebagai penguatan pendidikan karakter peserta didik valid digunakan dalam pembelajaran matematika kelas X dengan perolehan persentase rata-rata 99,09 % dengan kategori sangat valid. (2) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis etnomatematika sebagai penguatan pendidikan karakter peserta didik praktis digunakan dalam pembelajaran matematika kelas X dengan perolehan
persentase rata-rata 85 % dengan kategori sangat praktis.

Kata Kunci : E-LKPD, Etnomatematika, Penguatan Pendidikan Karakter

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Rahayuningsih, S. ., & Amalia, S. R. . (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS X: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 838. Retrieved from https://x.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1394

Issue

Section

Articles