Konstruksi K-Beauty Iklan Ponds Dalam Perspektif Semiotika Barthes

Authors

  • Wahab Afwan Swadaya Institute of Communication and Business

Keywords:

Barthes, Kecantikan, Korea Selatan, Ponds, Semiotika

Abstract

Globalisasi kapital melahirkan persaingan pasar yang semakin kompetitif, termasuk juga salah satunya dalam industri kecantikan. Produk-produk kecantikan senantiasa berubah mengikuti tren yang sedang berkembang tanpa memerhatikan nilai-nilai kekhasan yang berada di suatu wilayah tertentu. Hal inilah yang peneliti sinyalir terlihat dalam iklan Ponds x LazMall Glow Like Wendy Brand Day yang menampilkan Wendy Red Velvet, seorang penyanyi dari Korea Selatan. Hal yang tidak disadari oleh perempuan Indonesia adalah keberadaan mereka yang ditempatkan hanya sebatas target pasar. Perempuan Indonesia dibiuskan oleh konsep kecantikan baru yang membuat mereka lupa akan konsep kecantikan yang ada di Indonesia. Melalui pendekatan semiotika Roland Barthes penelitan ini akan membongkar pesarn terselubung yang terdapat dalam iklan tersebut. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa tampilan gambar dan narasi yang terdapat dalam iklan tersebut sangat jelas memperlihatkan upaya penggeseran konsep kecantikan ke arah K-Beauty. Harapan peneliti melalui penelitian ini adalah melahirkan pandangan komparatif bahwa konsep kecantikan Indonesia sudah berada di jalan yang tepat seperti yang telah ada sebelumnya yakni kecantikan itu tidak hanya bersifat fisik melainkan juga non fisik yang khas dengan perempuan Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Afwan, W. (2024). Konstruksi K-Beauty Iklan Ponds Dalam Perspektif Semiotika Barthes. Jurnal Komunikasi Peradaban, 2(2), 13–24. Retrieved from https://x.peradaban.ac.id/index.php/jkp/article/view/1858